Wednesday, November 4, 2015

Membangun Universitas Yang Berkualitas dan Ternama di Kota Probolinggo





Membangun Universitas Yang Berkualitas dan Ternama di Kota Probolinggo

Anissa Felia N.H.


Pada zaman modern ini, banyak sekali didirikan universitas yang berkualitas dan ternama di kota-kota besar. Sayangnya di kota Probolinggo tidak memiliki universitas yang seperti di kota-kota besar. Oleh karena itu, di kota Probolinggo sangatlah perlu mendirikan sebuah universitas yang berkualitas, sehingga tak hanya dikenal tamannya saja. Dengan membangun sebuah universitas di kota ini diharapkan akan mengurangi jumlah pengangguran di Probolinggo.
Kebanyakan lulusan SMA melanjutkan ke Perguruan Tinggi akan tetapi banyak juga yang tidak melanjutkan karena keterbatasan biaya,  yang mereka memilih bekerja. Tetapi mereka yang ingin berkuliah di universitas yang berkualitas dan ternama, masih harus mendaftar ke universitas di luar kota Probolinggo, sehingga biaya yang dikeluarkan cukup banyak. Apabila mahasiswa berkuliah di universitas yang ada di Probolinggo, biaya yang dikeluarkan tidak terlalu banyak sehingga dapat menghemat pengeluaran keluarga.
Pembangunan universitas harus ditempatkan di daerah yang strategis seperti di tengah-tengah kota Probolinggo atau pembangunan ini dapat juga memanfaatkan bangunan yang sudah tidak terpakai. Yang dilengkapi fasilitas transportasi yang khusus untuk mengantar jemput mahasiswa. Universitas ini juga dapat mendatangkan dosen dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia. Tujuan mendatangkan dosen dari luar negeri yaitu untuk menarik minat mahasiswa luar kota untuk mempelajari bahasa asing di universitas ini.

Berdasarkan paparan di atas dapat ditarik permasalahannya yaitu saat ini, di kota Probolinggo masih belum ada universitas yang berkualitas dan ternama. Pembangunan universitas ini sangatlah berguna bagi kota Probolinggo yang Bestari ini, sehingga yang menjadi pertanyaan yaitu mampukah universitas ini menarik minat mahasiswa luar kota untuk melanjutkan sekolahnya di sini. Gagasan yang diangkat pada artikel ini adalah:

1.     Mendirikan sebuah universitas yang berkualitas dan ternama di kota Probolinggo agar memudahkan para calon mahasiswa untuk berkuliah dikotanya tanpa mendaftarkan dirinya ke universiatas yang berada di luar kota. Dan ingin menjadikan universitas ini bertaraf International University dan sebelum mencapai taraf tersebut universitas ini bertaraf National University terlebih dahulu.
2.     Ingin menjadikan kota Probolinggo ini menjadi kota yang memiliki universitas yang berkualitas dan ternama yang terkenal di kota-kota besar lainnya. Ingin mengurangi mahasiswa yang menganggur karena sedang mencari lowongan pekerjaan.
3.     Ingin menjadikan mahasiswa Probolinggo yang cerdas, kreatif, pintar, juga menjadikan kota Probolinggo yang nomor 1 karena memiliki mahasiswa yang cerdas, kreatif, dan pintar yang berkuliah di universitas ini. Mahasiswa yang seperti ini dapat mewakili kota Probolinggo dalam ajang perlombaan.

Dalam mewujudkan pembangunan universitas yang berkualitas dan ternama ini maka perlu antisipasi dari masyarakat dan pemerintah kota Probolinggo. Universitas ini juga dilengkapi oleh fasilitas transportasi yang berguna bagi mahasiswa untuk mengantar jemput mereka. Juga bertujuan untuk mempermudah mahasiswa berkuliah di kotanya tanpa perlu mendaftar ke universitas yang ada di luar kota. 

Kalau dihitung-hitung di kota Probolinggo masih belum ada universitas akan tetapi di daerah kabupaten Probolinggo sudah mempunyai beberapa gedung Universitas yang salah satunya berada di daerah Dringu dan Leces. Universitas ini dapat dijadikan universitas yang bertaraf International University dan sebelum menjadi Universitas yang bertaraf Internasional, taraf Universitas ini menjadi taraf National University terlebih dahulu. Universitas ini juga dapat mendatangkan dosen dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia, dll.

Kalau perlu mahasiswa Probolinggo tidak perlu mendaftarkan dirinya ke Universitas luar kota melainkan mahasiswa dari luar kota yang mendaftarkan dirinya ke Universitas di Probolinggo. Dengan didirikannya universitas ini disamping mahasiswa mencari pekerjaan mahasiswa juga dapat menyampingkan dengan berkuliah di universitas ini. Makna membangun universitas yang berkulitas dan ternama adalah berkualitas maksudnya adalah selama mahasiswa berkuliah di sini dapat terjamin. Ternama maksudnya adalah universitas yang didirikan ini terkenal tidak hanya di kota Probolinggo atau dikabupaten Probolinggo saja melainkan terkenal dibeberapa kota-kota besar. Berdasarkan paparan di atas dapat ditarik kesimpulannya yaitu secara umum  pembangunan universitas ini sangatlah berguna bagi mahasiswa yang sedang menganggur. Dan saat ini kebanyakan mahasiswa Probolinggo yang mendaftar ke universitas diluar kota karena di Probolinggo masih belum ada universitas yang didirikan Probolinggo ini. Dengan didirikannya universitas ini di kota Probolinggo merupakan bukti bahwa Kota Probolinggo tidak hanya kota yang memiliki penghargaan lingkungan yaitu Adipura dan Adiwiyata sekaligus kota yang memiliki seribu taman di sekitar jalan dari Kota Probolinggo sampai Kabupaten Probolinggo. Kesimpulannya adalah lebih banyak mahasiswa Probolinggo yang mendaftar ke universitas di luar kota dibandingkan mahasiswa luar kota yang mendaftar ke universitas Probolinggo. 

Saran yang bisa diambil yaitu sebaiknya universitas ini dibangun dengan semenarik mungkin agar banyak mahasiswa luar kota yang berkuliah di sini. Mungkin kalau bisa dilengkapi fasilitas yang lengkap dan memadai. Dan juga dapat mendatangkan dosen dari luar negeri. Dengan pembangunan universitas ini warga Probolinggo terutama mahasiswa menjadi tidak sulit untuk mencari Perguruan Tinggi. Dalam mencari ilmu tersebut mahasiswa tidak perlu mendaftar ke universitas luar kota untuk mencari ilmu dan pendidikan. Dan jika universitas ini terwujud maka setiap wilayah Kota Probolinggo dan Kabupaten Probolinggo sudah memiliki gedung universitas masing-masing. Informasi tentang universitas ini dapat disebarluaskan melalui poster dan internet.***

No comments:

Post a Comment