Wednesday, November 4, 2015

Wisata Bahari Pendidikan Mangrove




Wisata Bahari Pendidikan Mangrove
Diah Ayu Fajarwati


Kekayaan bahari adalah kekayaan sejati karena habitat yang berada di dalamnya, memiliki daya tarik tersendiri bagi manusia untuk menjelajahinya. Mangrove adalah salah satu habitat yang berada di laut. Probolinggo merupakan kota yang berpotensi di bidang kelautan karena letak geografis berada di pesisir pantai utara dan sebagian luas dari kawasan pesisir pantainya terdapat ekosistem dari tanaman bakau (mangrove). Dengan adanya mangrove tersebut penulis mencoba mengeksplor kawasan tersebut sebagai sarana wisata pendidikan karena mangrove merupakan tanaman yang memiliki manfaat yang sangat besar bagi masyarakat luas dan memberikan lapanganpekerjaan bagi masyarakat kota Probolinggo.

Kata kunci: Wisata bahari, pendidikan, mangrove

Probolinggo adalah kota kecil yang strategis dengan potensi pertanian dan kelautan. Dengan kawasan yang berada di daerah pesisir pantai utara, kekayaan mangrove yang dimilikinya memberikan banyak manfaat yang besar bagi masyarakatnya. Lembaga pendidikan yang berada di Probolinggo sangat memperhatikan kelestarian lingkungan tersebut. Sejak turunnya SK Kementerian Lingkungan Hidup mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, Probolinggo sudah gencar melakukan kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian terhadap bumi. Dengan gencarnya isu pemanasan global dan perubahan iklim, kegiatan-kegiatan lingkungan giat dilakukan untuk mengurangi pemanasan global tersebut. Salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah program mitigasi, yakni usaha untuk mengurangi efek gas rumah kaca sehingga dapat memperlambat pemanasan global. Aplikasi program tersebut seperti penghijauan, penghematan energi, pengurangan polusi udara. Bentuk program yang sering dilakukan dan memiliki manfaat yang cukup besar adalah dengan melakukan kegiatan penghijauan. Program penghijauan yang dapat dilakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan adalah dengan menanam mangrove. Mangrove memiliki manfaat yang besar sebagai penyumbang Oksigen paling banyak. Selain itu mangrove memiliki manfaat lain seperti tempat ekosistem biota laut dan menahan abrasi.
 
Adapun manfaat lain yang dari mangrove adalah menumbuhkan pulau dan menstabilkan pantai. Yang dimaksud dengan menumbuhkan pulau tersebut yaitu proses terpeliharanya kehidupan padang lamun (seegrass) dan terumbu karang yang dapat membentuk daratan dengan edapan dan tanah yang ditahan akan menumbuhkan perkembangan garis dan memperluas batas pantai dari waktu ke waktu. Hal tersebut terjadi karena biota laut dapat menetralkan air laut sehingga terjaga kebersihannya dan dapat menumbuhkan terumbu karang yang berharga bagi biota laut yang berada di dalamnya. Akar mangrove juga dapat menjernihkan air laut yang memiliki peran dalam menangkap endapan yang berfungsi membersihkan kandungan zat zat kimia air yang mengalir dari hulu ke hilir. Mangrove juga berperan dalam mengawali rantai makanan. Yakni ketika bagian-bagian dari pohon mangrove jatuh akan terurai oleh mikro organisme dan akan menjadi makanan bagi larva dan hewan-hewan kecil yang berada di air.  Banyak manfaat yang terdapat pada mangrove, hal itu dapat menarik minat wisatawan untuk mengetahui lebih jauh peranan penting mangrove dalam menjaga lingkungan serta bermanfaat bagi masyarakat luas.

Penulis berharap wisata mangrove harus memiliki kesan yang memperlihatkan alam secara objek. Kawasan yang digunakan sebagai area wisata bahari pendidikan mangrove yaitu di sekitar pantai Mangunharjo sampai barat pesisir pantai Ketapang. Beberapa jalur yang disediakan harus memiliki titik tertentu dengan kegiatan yang berisi terdapat materi materi seputar mangrove dalam wisata tersebut. Route perjalanan yang dilakukan dapat dimulai dai pantai Mangunharjo dan berakhir di pantai Ketapang. Saat route perjalan dapat menggunakan transportasi taradisional seperti perahu layar atau perahu tradisional dengan alasan agar tidak mencemari lingkungan laut. Saat dalam perjalanan, pemateri dapat menjelaskan apa yang disebut mangrove dan potensi mangrove dalam mengurangi pemanasan global. Wisatawan juga dapat terjun langsung ke lokasi yang ditemani para petani mangrove untuk belajar menanam mangrove dengan benar. Kegiatan tersebut dapat menarik minat wisatawan untuk terus melanjutkan kegiatan dan agar tidak membosankan. 

Ada juga cara agar wisatawan tidak merasa bosan pada saat perjalanan. Pemandu dapat memasukkan permainan outbound pada saat tour. Tetapi juga harus menekankan makna dari permainan outbound tersebut tentang pentingnya menjaga lingkungan. Sehingga dapat menimbulkan rasa kesadaran yang tinggi terhadap masing masing individu/peserta tour. Lokasi pantai Mangunharjo dan Ketapang terdapat banyak empang, yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat peristirahatan dengan membuat rumah makan terapung. Dari beberapa empang, dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembudidayaan ikan dan wisatawan dapat melakukan aktivitas memancing disana.

Route perjalanan akan melewati kawasan pelabuhan. Wisatawan dapat berhenti di sana untuk menikmati sun rise dan sun set. Jika perjalanan tersebut dilaksananakan pada waktu sore hari, wisatawan dapat menikmati suasana yang berbeda karena pada saat tersebut ada pasar ikan. Setelah itu perjalanan dilanjutkan. Ketika memasuki daerah Pilang terdapat tempat ibadah yang bersejarah, yaitu Masjid Tiban. Pemandu dapat mengenalkan dan mengeksplor tempat ibadah tersebut. Alasannya karena sebelumnya tempat ibadah tersebut banyak dikunjungi wisatawan dari luar daerah karena sejarahnya. Di sini pemandu dapat mengenalkan sejarah tempat ibadah itu.

Wisata ini dapat bekerja sama dengan lembaga lembaga pendidikan yang menjadi sekolah adiwiyata. Para siswa Probolinggo dapat menjual hasil karyanya tersebut di pusat oleh-oleh wisata bahari pendidikan mangrove. Jadi lembaga lembaga pendidikan Probolingggo dapat mengeksplor hasil hasil karyanya. Hal itu dapat menjadikan program tambahan bagi sekolah-sekolah dan meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan dan memberikan motivasi agar lebih kreatif dalam menciptakan karya-karya yang bermanfaat.

Di daerah tersebut juga masih terlihat indah karena terdapat persawahan yang luas membentang. Hal ini akan memberikan suasana yang nyaman bagi para wisatawan. Dari fakta lapangan yang ada, dapat disediakan sebuah penginapan rumah kayu. Karena wisata tersebut sebagai tempat pembelajaran dan penelitian. Fasilitas yang lain juga dapat disediakan di sana seperti sebuah pusat oleh-oleh yang berasal dari mangrove baik dalam bentuk makanan dan juga kerajinan tangan. Bagi wisatawan yang bermalam disana, dapat disediakan sebuah café dan dapat ditambah pula materi pembelajaran yang disediakan panitia. Seperti sebuah perenungan. Dari perenungan yang diberikan diharapkan dapat memberikan sebuah motivasi bagi para wisatawan. Dengan adanya wisata tersebut, tak hanya kota Probolinggo saja yang akan terangkat namanya, tetapi juga warga yang bermukim disana. Kegiatan tersebut dapat membantu pemerintah kota dalam membuka lapangan pekerjaan, sehingga memberikan peluang bisnis bagi warga Probolinggo

Wisatawan yang berkunjung ke tempat tersebut dapat dikenakan tarif masuk sebesar Rp 3000,-. Beberapa fasilitas yang disediakan seperti perjalanan touring dan pembelajaran alam dapat dikenakan biaya yang berbeda dan disesuaikan dengan kondisi yang ada. Para wisatawan yang ingin menikmati serangkaian acara penuh dapat dikenakan biaya per paket. Wisata tersebut dapat melayani wisatawan secara individu dan kelompok. Dari serangkaian fasilitas yang ada, kita tidak boleh melupakan fasilitas umum seperti kamar mandi, ruang ganti bagi para wisatawan yang terjun langsung ke lokasi, dan tempat ibadah.

Penulis berharap wisata yang ditampilkan lebih mengedepankan suasana pedesaan, sehingga lebih memikat minat wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut dan menjadikan wisata ini sebagai pusat pembelajaran dan penelitian yang ada di Jawa Timur.

No comments:

Post a Comment